11 OBAT TRADISIONAL PENURUN PANAS ANAK USIA 2 TAHUN

Berikut ini akan saya coba paparkan obat tradisional herbal penurun panas alami untuk anak umur 2 tahun. Obat-obatan untuk menurunkan panas demam anak sebetulnya gampang diperoleh, baik itu di beberapa toko obat (apotik), ataupun di pekarangan tempat tinggal kita sendiri (obat tradisionil).

OBAT TRADISIONAL PENURUN PANAS ANAK USIA 2 TAHUN

Tetapi, karna ini yaitu obat penurun panas anak 2 tahun, jadi pemakaiannya juga tidak dapat disamakan dengan dosis anak yang lebih tua usianya, terlebih dosis orang dewasa. Walaupun obat-obatan yang berbentuk alami, tetaplah mesti sesuai dosis untuk anak umur 2 tahun.

1. Bawang merah


Bawang merah mempunyai kandungan zat aktif minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, kaemferol, kuersetin serta floroglusin yang mempunyai banyak khasiat, salah satunya untuk turunkan panas anak.

Cara menurunkan panas anak dengan bawang merah ada dua langkah. Pertama, memakai bawang merah untuk digunakan sebagai kerokan kepada anak. Bawang merah dibersihkan serta dipotong jadi dua. Sisi yang keluarkan lendir/getah digosok-gosokkan berkali-kali di punggung anak dengan perlahan-lahan seperti ketika mengerik punggung orang dewasa. Bila Anda merasa takut badan anak sakit karena tergores, dapat ditambahkan minyak kelapa untuk melicinkan punggung anak.

Cara kedua yaitu dengan merajang 2-3 siung bawang merah, lalu mencampurkannya dengan minyak kelapa/minyak telon/minyak kayu putih serta menempatkannya kedalam wadah. Kombinasi bawang merah serta minyak tersebut bisa dipakai jadi obat gosok pada anak lewat cara membalurkannya ke semua badan, lalu pijat badan anak secara perlahan. Aroma bawang merah yang tajam terkadang menyebabkan rasa tidak nyaman untuk anak. Oleh karenanya, orang-tua bisa mengerjakannya waktu anak tidur.

2. Air kelapa hijau


Kelapa hijau mempunyai kandungan tanin (berperan sebagai obat herbal penurun panas anak usia 2 tahun). Disamping itu, air kelapa hijau mempunyai kandungan cairan elektrolit yang berguna untuk mengganti cairan yang hilang sepanjang anak terserang demam. Beri air kelapa hijau pada anak untuk meredakan demamnya.

3. Jeruk nipis


Obat penurun panas tradisionil dan alami lainnya yaitu dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis ini bisa dipakai dengan beragam cara, yakni :

  • Cara pertama: campur air jeruk nipis dengan seduhan air kunyit serta madu, lantas minum
  • Cara kedua : campur air jeruk nipis dengan minyak kelapa/minyak kayu putih, jadikan sebagai obat gosok badan anak
  • Cara ketiga : potong kecil-kecil daging buah jeruk nipis serta campur dengan minyak gosok lantas oleskan ke semua badan anak

4. Gula aren


Gula aren dapat digunakan sebagai obat penurun panas demam anak. Buat minuman gula aren untuk anak lewat cara merebus irisan gula aren ke air, dinginkan, lantas beri pada anak untuk menyembuhkan panas demamnya.

5. Daun cocor bebek


Daun cocor bebek disamping menarik dan biasa dipakai sebagai tanaman hias, nyatanya juga bermanfaat untuk turunkan panas demam anak. Kandungan vitamin C serta tanin dalam daun cocor bebek berguna untuk meredakan radang dan turunkan panas.

Hancurkan lima hingga enam lembar daun cocor bebek yang telah dicuci bersih, lantas lekatkan pada dahi anak untuk menurunkan panas. Sediakan juga kain bersih untuk mengusap remahan daun yang jatuh di sekitaran anak.

6. Kunyit


Kunyit memiliki kandungan kurkumin, turmeron, zingiberen, serta minyak atsiri yang berperan untuk obat tradisional penurun panas demam untuk anak umur 2 tahun.

Parut 10 gr kunyit yang sudah dicuci bersih lantas seduh dengan air panas, aduk rata, lalu saring. Air seduhan ini dapat ditambahkan air jeruk nipis serta madu seperlunya lantas minum oleh anak. Bila anak mempunyai problem pada lambung, jangan tambahkan air jeruk nipis.

7. Temulawak


Manfaat temulawak sudah di kenal dari jaman dulu. Disamping kandungan kurkumin, turmeron, serta zingiberen, temulawak juga memiliki kandungan minyak atsiri yang berperan turunkan panas demam anak. Buat seduhan temulawak lewat cara yang sama dengan cara membuat seduhan air kunyit, lantas minumkan pada anak untuk meredakan panas demamnya.

8. Daun Asam Jawa


Daun asam jawa mempunyai kandungan zat yang berperan untuk menurunkan panas serta pereda nyeri. Rebus daun asam jawa kira-kira 4 sampai 5 lembar, ambillah sarinya, kemudia tunggulah beberapa saat hingga menjadi dingin. Minumkan pada anak untuk meredakan nyeri serta panas demamnya.

9. Lempuyang Emprit


Kandungan minyak atsiri dalam lempuyang emprit berguna sebagai obat penurun panas alami untuk anak usia 2 tahun. Sisi yang di ambil untuk penyembuhan demam yaitu umbinya.

Parut 10 gr umbi lempuyang emprit, kamudian seduh dengan 1/2 gelas air panas, lalu ambillah sarinya lewat cara memerasnya. Berikan madu, serta diamkan beberapa saat hingga dingin lantas minumkan pada anak.

10. Pegagan


Pegagan yaitu tanaman obat yang tumbuh liar serta bisa dengan gampang diketemukan di sekitaran rumah, pesawahan, atau kebun. Pegagan memiliki sifat mendinginkan serta berperan jadi zat antibakteri, antialergi, antiinflamasi.

Rebus 1 genggam pegagan yang telah dicuci bersih kedalam 3 gelas air, serta tunggulah sampai airnya bersisa satu gelas. Lantas minumkan pada anak 3 kali satu hari. Satu gelas tadi dibagi menjadi 3 bagian, ya!

11. Propolis Anak

 Ada cara yang ssangat simpel, mudah, dan tidak terlalu ribet untuk memberikan obat alami penurun panas usia 2 tahun. Yaitu dengan menggunakan propolis anak.

Anda tinggal meneteskan kedalam air atau bisa dicampur dengan madu. Untuk mendapatkan propolis anak SILAHKAN KLIK DI SINI.

Demikian share mengenai 11 obat tradisional penurun panas untuk anak usia 2 tahun. Semoga bermanfaat.

20,4% OFF

250K
IDR 199.000